Jumat, 17 September 2010

Fasilitas Add-ins Al Quran Dalam Microsoft Word

Salah satu fasilitas add-ins yang dapat di-install dengan mudah dalam Microsoft Word adalah Al-Quran. Fasilitas ini sangat bermanfaat untukku yang seorang muslimah dan mengajar di sekolah Islam. Salah satu materi yang kuajarkan kepada muridku adalah hafalan Al-Quran, dan tentu saja sesekali aku harus berkutat dengan naskah Al-Quran. Mushaf Al-Quran, tentu saja aku miliki, begitu juga murid-muridku. Namun terkadang aku harus memberikan naskah hafalan untuk muridku dalam bentuk lembar kerja.
Dengan adanya fasilitas add-ins dalam MS Word ini, aku dapat dengan mudah menemukan naskah Al-Quran dalam bahasa Arab, tanpa perlu menuliskannya kembali -baik menggunakan tulisan tangan ataupun mengetik ulang- dalam huruf Arab. Walaupun aku bisa mengetik dalam huruf Arab dengan fasilitas pilihan bahasa pada komputerku, tapi aku memerlukan waktu sangat lama untuk mengetikkan satu kata dalam bahasa Arab sekalipun, karena aku belum hafal posisi huruf itu satu persatu pada papan ketik komputerku yang diatur dalam susunan huruf Romawi. Dengan menggunakan fasilitas add-ins Al-Quran ini, aku bisa mendapatkan naskah Al-Quran dalam waktu beberapa detik saja. Jika perlu, aku bahkan bisa mendapatkan terjemahannya juga. Sangat bermanfaat. Fasilitas ini, termasuk langkah-langkah mengaplikasikannya bisa didapat melalui tautan berikut ini: http://www.myquran.org/msword/ Selamat mencoba dan memanfaatkannya.

Tidak ada komentar: